Inilah Penyebab Jerawat Di Wajah Berdasarkan Letak Kemunculannya

Inilah Penyebab Jerawat Di Wajah Berdasarkan Letak Kemunculannya,- Ketika mendengar kata jerawat pasti yang terlintas adalah benjolan kecil di wajah yang membuat penampilan kurang mempesona. Jerawat telah menjadi sesuatu yang menjengkelkan bagi sebagian orang terutama para perempuan.

Apalagi kalau jerawat itu tak kunjung hilang, malah sering muncul kembali. Hal yang perlu diperhatikan adalah letak tumbuhnya jerawat karena itu berhubungan dengan penyebab jerawat tersebut, jika sudah begitu jerawat akan lebih mudah diatasi.

Perlu untuk diketahui bersama, bahwa ternyata jerawat ini tidak semuanya sama, ada yang disertai dengan whiteheads dan ada juga yang cenderung menimbulkan peradangan karena terjadi di bawah permukaan kulit. Tak hanya itu, jenis jerawat di wajah juga berbeda-beda, tergantung dengan letaknya. Dan berikut beberapa penyebab dari jerawat berdasarkan dari letak kemunculannya :

  • Jerawat Di Sekitar Garis Rambut
Area garis rambut, yaitu sekitar pelipis dan dahi atas sering kali menjadi tempat munculnya jerawat. Sebagian besar pria yang menggunakan minyak rambut, cenderung memiliki jenis jerawat ini. Pasalnya, minyak rambut bisa menghalangi minyak alami (sebum) yang dikeluarkan dari pori-pori. Akhirnya, penyumbatan terjadi dan muncul jerawat. Jika hal ini terjadi pada Anda, maka sebaiknya coba untuk hentikan penggunaan produk minyak rambut.

Kaum wanita juga tak jarang mengalami jenis jerawat ini, biasanya disebabkan karena tidak terlalu bersih membilas sisa-sisa sabun pembersih wajah di area tersebut. Jadi, pastikan jika Anda telah membilas area wajah dengan bersih, termasuk garis antara wajah dengan rambut.

  • Jerawat Di Bagian Pipi
Bagian lain yang tidak luput dari jerawat adalah  pipi. Sebenarnya jerawat di bagian ini bisa muncul karena banyak hal, misalnya sarung bantal yang tidak bersih, ponsel yang kotor, kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan yang kotor, atau bahkan karena keringat yang menumpuk di balik hijab.  Pasalnya, bakteri bisa menempel di mana saja, termasuk di tangan, sarung bantal, ponsel, atau kain kerudung.

Untuk mencegahnya, jangan lupa untuk mengganti sarung bantal atau selimut setiap minggu. Jadi, sarung bantal tetap bersih dan tak menyimpan bakteri yang bisa bikin pipi jerawatan.

  • Jerawat Pada Kulit Kering
Selain itu, pastikan juga layar ponsel Anda selalu bersih sebelum mengangkat telepon. Takutnya, ada bakteri yang menempel di layar ponsel dan bisa menimbulkan jerawat di pipi. Jadi, intinya jaga kebersihan barang-barang yang Anda gunakan, apalagi yang akan dipakai mengenai area wajah.

  • Jerawat Di Dagu
Tumbuhnya jerawat di area ini biasanya disebabkan oleh kadar hormon yang naik dan turun. Jerawat akibat hormon yang tidak stabil biasanya terjadi akibat kelebihan androgen sehingga kelenjar minyak memproduksi minyak berlebihan dan akhirnya menyumbat pori-pori.

Kondisi ini kerap kali dialami oleh kaum wanita menjelang menstruasi atau saat peralihan penggunaan alat kontrasepsi. Dilansir dari Health Line, diet juga memengaruhi kadar hormon sehingga bisa saja menyebabkan jerawat.

Jika jerawat diakibatkan oleh perubahan hormon, maka sebaiknya Anda konsultasikan ke dokter untuk mengetahui obat yang tepat bagi jerawat Anda. Sementara bila jerawat di wajah akibat diet, maka sebaiknya segera ubah pola makan Anda saat ini. Hindari makan makanan dengan gula tinggi, makanan olahan, dan makanan berlemak.

  • Jerawat Di Dahi Dan Hidung
Jerawat di wajah pada hidung dan dahi atau T-zone, biasanya disebabkan oleh keadaan kulit berminyak dan stres. Kondisi stress memang tidak memengaruhi produksi minyak tapi bisa memperburuk keadaan jerawat. Bahkan, kurang tidur juga bisa menyebabkan jerawat pada area ini.

Untuk mengatasinya, mulailah kelola stres dengan baik, seperti melakukan olahraga rutin atau meditasi. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan kulit dan menggunakan produk perawatan wajah yang mengandung asam salisilat yang bisa membantu mengurangi kondisi minyak berlebih. Kemudian, jaga pola tidur agar kualitas tidur tetap terjaga.

Dengan mengetahui penyebabnya ini akan membantu Anda untuk mengatasi jerawat di wajah. Jangan lupa juga untuk berkonsultasi ke dokter mengenai masalah kulit yang Anda alami, Selain itu pastikan teknik mencuci muka yang Anda lakukan sudah benar dan jangan lupa untuk membersihkan make up sebelum tidur. Menjaga tubuh tetap terhidrasi juga merupakan cara menghilangkan jerawat serta merawat kulit secara menyeluruh dan alami.

0 Response to "Inilah Penyebab Jerawat Di Wajah Berdasarkan Letak Kemunculannya"

Posting Komentar