Beginilah Penangan Pertama Ketika Terserang Tukak Lambung

Beginilah Penangan Pertama Ketika Terserang Tukak Lambung


Beginilah Penangan Pertama Ketika Terserang Tukak Lambung,- Penyakit tukak lambung ini terjadi akibat munculnya luka pada dinding lambung. Kondisi tersebut dipicu akibat terkikisnya lapisan pada dinding lambung, akan tetapi bisa juga terjadi karena dinding pada bagian pertama usus kecil (duodenum) serta di kerongkongan (esofagus), sehingga akibatnya akan dapat menyebabkan munculnya rasa nyeri pada lambung, bahkan dalam beberapa kasus bisa memicu pendarahan.

Kondisi kesehatan yang satu ini dapat terjadi dan menyerang pada siapa saja semua kalangan usia baik itu pria maupun wanita, akan tetapi resiko penyakit ini dapat meninkan pada pria yang berusia lebih dari 60 tahun, namun tidak perlu khawatir, karena pada dasarnya tukak lambung ini adalah kondisi yang dapat diobati hingga tuntas, hanya saja penyebab utama dari penyakit ini harus dapat kita cegah dan atasi dengan cepat.

Secara umum, pada dasarnya untuk penanganan dan cara menyembuhkan tukak lambung pada setiap orangnya dapat berbeda-beda, hal ini tergantung dari apa yang menjadi penyebabnya. Bahkan biasanya penangann penyakit yang satu ini dapat dilakukan dengan mengkonsumsi jenis obat-obatan tertentu, tujuanya untuk mengurangi gejala dan memusnahkan bakteri yang bisa menjadi penyebab dari tukak lambung ini.

Ada beberapa jenis obat yang biasa diberikan kepada pengidap, mulai dari antibiotik, penghambat pompa proton, antasida dan alginat, hingga jenis obat yang melindungi dinding lambung dan usus halus. Dalam beberapa kasus, selain pemberian obat pengidap biasanya juga harus menjalani prosedur operasi. Hal itu biasanya dilakukan jika tukak lambung telah mengakibatkan lubang di dinding lambung atau jika kondisi ini sudah menyebabkan terjadinya perdarahan serius.

Mengubah Kebiasaan Harian untuk Mengatasi Tukak Lambung

Selain dengan pemberian obat dan tindakan medis, menanganinya juga bisa dilakukan dengan mengubah kebiasaan sehari-hari. Ada beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk membantu penyembuhan dan menghindari tukak lambung semakin parah. Apa saja itu ??

  • Pola Makan Sehat
Menerapkan pola makan sehat, dan banyak mengonsumsi jenis makanan, seperti buah dan sayur bisa membantu mengatasi gangguan ini. Sebaliknya, hindari mengonsumsi makanan yang memiliki rasa pedas dan berlemak.

  • Kurangi Rokok dan Alkohol
Merokok dan mengonsumsi alkohol menjadi dua hal yang harus dihindari pengidap. Pasalnya, kandungan alkohol dapat menyebabkan iritasi di bagian lambung mengalami peradangan. Sementara kebiasaan merokok bisa menghambat penyembuhan sekaligus meningkatkan risiko penyakit ini.

  • Kurangi Konsumsi Teh, Kopi, dan Susu
Membatasi asupan teh dan kopi dalam satu hari bisa membantu menghindari tukak lambung menjadi lebih parah. Sebab, keduanya dapat menyebabkan meningkatnya kadar asam lambung, dan dapat memperparah gejalanya. Mengonsumsi susu sebenarnya sering dijadikan cara untuk meredakan rasa nyeri akibat tukak lambung. Namun, susu biasanya memberi dampak berupa meningkatnya kadar keasaman lambung, sehingga lambung akan terasa semakin nyeri.

0 Response to "Beginilah Penangan Pertama Ketika Terserang Tukak Lambung"

Posting Komentar