Bahaya ! 5 Kebiasaan Ini Dapat Memperparah Jerawat Di Wajah

Bahaya ! 5 Kebiasaan Ini Dapat Memperparah Jerawat Di Wajah,- Jerawat pada wajah dapat menimbulkan rasa tidak nyaman sekaligus mengganggu penampilan. Siapa sih yang tidak sebal saat mengetahui adanya jerawat yang muncul ketika sedang berkaca ?? Padahal sudah banyak cara menghilangkan jerawat yang dilakukan, namun tetap saja jerawat selalu muncul. 

Bahaya ! 5 Kebiasaan Ini Dapat Memperparah Jerawat Di Wajah
Jika demikian, sekarang coba kamu ingat kembali apa saja yang dilakukan seharian ini. Bisa saja tanpa sadar kamu sering melakukan beberapa hal ini. Maka dari sekarang kamu harus berhati-hari pada 5 kebiasaan ini yang dapat memperparah jerawat di wajahmu.

  • Terlalu Sering Mencuci Wajah
Minyak, kotoran, dan debu pada wajah merupakan beberapa hal yang dapat menyumbat pori-pori dan menimbulkan kulit berjerawat. Maka dari itu menjaga kebersihan wajah adalah hal yang paling utama. Salah satunya dengan rajin mencuci wajah. Meskipun penting, bukan berarti hal ini perlu dilakukan secara berlebihan. Terlalu sering mencuci wajah dapat menyebabkan kulit mengalami iritasi dan breakout. Cukup lakukan sebanyak 2 kali sehari pada pagi dan malam hari, serta sehabis melakukan kegiatan yang membuat berkeringat.

  • Eksfoliasi Dengan Scrub
Pori-pori yang tersumbat oleh sel kulit mati merupakan salah satu penyebab terjadinya jerawat. Mak dengan rutin melakukan eksfoliasi dapat menjadi langkah untuk mencegah terjadinya jerawat. Namun, jika kulit sudah terlanjur berjerawat, eksfoliasi justru dapat memperparah kulit berjerawat. Apalagi bila dilakukan menggunakan eksfoliator berbentuk scrub. Bukannya menyembuhkan, hal ini justru dapat membuat jerawat menjadi makin parah.

  • Menyeka Keringat Dengan Tangan
Keringat yang dihasilkan saat berolahraga ataupun karena cuaca yang panas, dapat menimbulkan rasa lengket dan kurang nyaman pada kulit. Apalagi jika berkeringat di area hairline dan wajah, rasanya ingin segera dikeringkan saja. Nah, saat ingin mengeringkan wajah yang berkeringat, perhatikan cara-caranya. Misalnya, gunakan handuk atau tissue bersih, lalu pastikan untuk mengeringkan perlahan dengan cara ditepuk-tepuk. Hindari untuk menyeka menggunakan tangan karena hal ini akan membuat keringat tersebar di permukaan wajah. Belum lagi bila tangan tidak berada pada kondisi yang bersih, bisa-bisa akan membuat wajah semakin kotor dan semakin berjerawat.

  • Sering Ganti Acne Treatment
Sudah menggunakan produk perawatan untuk jerawat, tapi jerawat tak kunjung hilang? Jangan buru-buru mengganti produk yang kamu gunakan. Sering mengganti obat jerawat baru setiap minggunya, justru dapat membuat kulit iritasi yang berujung dengan terjadinya breakout. Cobalah untuk lebih bersabar dalam menggunakan produk perawatan kulit berjerawat. Beri waktu setidaknya 6 hingga 8 minggu untuk mengamati perubahan yang terjadi pada kulit. Jika sudah selama itu, tetapi masih tidak ada perubahan sama sekali pada kulit, barulah bisa mencoba produk lainnya atau langsung berkonsultasi dengan dokter kulit.

  • Saling Pinjam Alat Makeup
Meski hal ini kelihatannya sepele dan tidak berpengaruh, tetapi alat makeup yang sering berpindah tangan bisa menyebabkan jerawat. Kamu wajib berhati-hati jika gemar saling pinjam produk dan kuas makeup dengan orang lain. Hal ini dapat memperparah kulit yang sedang berjerawat. Sebenarnya jerawat tidak memiliki sifat menular, tapi makeup, kuas, dan aplikator makeup dapat membuat bakteri penyebab jerawat, sebum, serta sel kulit mati berpindah dari produk ke wajah. Akibatnya, hal-hal tersebut dapat menyumbat pori-pori dan berujung dengan terjadinya breakout.

Sekarang kamu sudah tahu kan kebiasaan sehari-hari apa saja yang dapat memicu jerawat ? Maka dari itu mulai sekarang sebaiknya kamu hindari kebiasaan- kebiasaan tersebut, ya! Dan jangan lupa juga untuk selalu menggunakan cara menghilangkan jerawat yang alami untuk merawat kecantikan kulitmu.

0 Response to "Bahaya ! 5 Kebiasaan Ini Dapat Memperparah Jerawat Di Wajah"

Posting Komentar