Anjuran Dan Pantangan Makanan Bagi Penderita Tukak Lambung

Anjuran Dan Pantangan Makanan Bagi Penderita Tukak Lambung,- Luka menyakitkan dan lembut yang terdapat di daerah usus kecil, kerongkongan dan perut disebut ulkus, khusus untuk lambung luka ini sering juga disebut dengan tukak lambung. Gejala utama dari luka tersebut adalah munculnya sensasi terbakar di perut, menimbulkan rasa sakit yang hebat dan bahkan dapat menyebabkan muntah, gangguan pencernaan, gerakan usus yang tidak teratur, mulas dan mual.

Anjuran Dan Pantangan Makanan Bagi Penderita Tukak Lambung
Penyebab terjadinya tukak lambung yang paling umum adalah karena serangan bakteri H. Pylori, dimana bakteri ini akan merusak lapisan mukosa saluran pencernaan dengan membuatnya kurus dan lemah, menyebabkan asam hadir dalam kerusakan lapisan saluran pencernaan perut.

Kebanyakan orang mencoba untuk menyembuhkan ulkus dengan cara menyembuhkan tukak lambung menggunakan antibiotik, tetapi cara menyembuhkan tukak lambung yang paling efektif adalah dengan mengonsumsi jenis makanan yang tepat dan menghindari makanan makanan yang tidak baik untuk lambung.

Nah, Dan Berikut Ini Ada Beberapa Anjuran Dan Juga Patangan Makan Untuk Penderita Penyakit Tukak Lambung, Yakni Diantaranya Seperti :

MAKANAN YANG DIANJURKAN BAGI PENDERITA TUKAK LAMBUNG
  • Kentang : Sumber karbohidrat yang baik dan mampu memberikan rasa kenyang yang cukup lama. Bubur kentang atau jus kentang yang bersifat basa di pagi hari bermanfaat untuk menetralisir asam lambung sebelum Anda menyantap makanan lain.
  • Pisang Masak : Mengandung kalium, selain melon, pepaya dan tomat. Kalium yang dikandung dalam buah-buahan tersebut bermanfaat menyeimbangkan pH (derajat keasaman) di dalam lambung. Pisang juga mampu memberi rasa kenyang sehingga amat baik dikonsumsi di antara waktu makan. Selain itu, pisang juga kaya akan potasium yang mampu menormalkan peningkatan tekanan darah akibat serangan stres.
  • Brokoli : Merupakan sumber kalium dan sulfur yang baik. Sulfur mampu berperan sebagai antioksidan pelindung lapisan dalam kulit lambung. Brokoli juga kaya akan vitamin C yang baik untuk memelihara stamina tubuh. Makanan lain yang mengandung sulfur adalah bawang merah dan bawang putih.
  • Bubur Ayam : Bagi penderita sakit maag akut sangat berguna untuk mencegah dan meringankan serangan rasa sakit. Sebaiknya hindari sate jeroan yang sulit dicerna, namun sebagai penambah rasa boleh ditambahkan telur rebus, kecap dan sedikit kerupuk.
  • Lidah Buaya : Meredakan panas dalam dan mempercepat penyembuhan luka. Kandungan saponinnya mempunyai kemampuan antiseptik, sedangkan kandungan antrakuinon & kuinonnya berkhasiat sebagai antibiotik, penghilang rasa sakit dan merangsang pertumbuhan sel baru. Selain itu, kandungan mukopolisakarida berguna untuk memulihkan radang, termasuk radang saluran pencernaan dan arthritis.,-Anjuran Dan Pantangan Makanan Bagi Penderita Tukak Lambung (Luka Lambung)
  • Kol : Meski banyak dijauhi karena mengandung gas, banyak ahli kesehatan yang justru memanfaatkan kol untuk mengatasi penyakit maag. Menurut Dr. Michael T. Murray, ahli naturopati dari Bellevue Washington, kol mengandung asam amino glutamin yang dapat meningkatkan aliran darah ke perut, memberikan nutrisi bagi sel dalam lambung, membantu melindungi lapisan perut, dan mengobati luka pada saluran pencernaan. Mengenai konsumsi kol ini, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda.
  • Permen Karet (Bukan Untuk Dimakan) : Aktivitas mengunyah bisa merangsang produksi air liur yang bersifat basa sehingga mampu menetralisir asam lambung. Selain itu, bertambahnya produksi air liur juga dapat meningkatkan upaya pembersihan lambung.

PANTANGAN MAKANAN BAGI PENDERITA PENYAKIT TUKAK LAMBUNG
  • Buah dan Sayur Yang Menghasilkan Gas : Beberapa buah dan sayur dapat menghasilkan gas setelah dikonsumsi. Penderita maag sebaiknya menghindari makanan jenis ini, misalnya sawi, kol/kubis, kacang-kacangan, juga buah seperti nangka, pisang ambon, kedondong dan berbagai jenis buah yang dikeringkan.
  • Minuman Bersoda : Minuman jenis ini jelas akan menghasilkan banyak gas yang menyebabkan rasa penuh di perut. Hindari mengonsumsi minuman bersoda, termasuk minuman beralkohol.,-Anjuran Dan Pantangan Makanan Bagi Penderita Tukak Lambung (Luka Lambung)
  • Makanan Pedas : Makanan pedas memang nikmat, tetapi sering makan pedas (apalagi dengan jumlah cabai yang gila-gilaan) dapat melukai lambung. Selain itu, makanan pedas selain sambal bisa memberi efek yang sama, misalnya saja merica.
  • Makanan Asam Atau Pencetus Asam Lambung : Beberapa makanan dapat membuat lambung mengeluarkan asam lebih banyak, hal ini bisa menyebabkan penderita maag mengalami nyeri dan kambuh. Karena itu hindari makanan atau buah yang bersifat asam beserta jusnya, cuka, juga kopi dan susu full cream.
  • Beberapa Jenis Karbohidrat : Sebagian makanan yang mengandung karbohidrat juga tidak baik untuk lambung penderita maag. Sebisa mungkin hindari mengonsumsi ketan, mie, bihun, pasta, jagung, ubi, singkong dan talas.
  • Makanan Yang Sulit Dicerna : Ada jenis makanan yang sulit dicerna oleh lambung, sehingga konsumsi yang berlebih dapat membuat kerja lambung makin berat. Beberapa makanan yang sulit dicerna itu antara lain makanan dengan kadar lemak tinggi, cake dengan krim, cokelat dan keju.

Dan itulah informasi mengenai Anjuran Dan Pantangan Makanan Bagi Penderita Tukak Lambung, Semoga artikel kesehatan yang kami sharekan satu ini bisa membantu bagi anda yang sedang menderita penyakit tukak lambung (luka lambung). Anda juga bisa menambah referensi pengetahuan lain dari penyakit tukak lambung ini tentang bagaimana pengobatan yang tepat untuk mengatasinya.

0 Response to "Anjuran Dan Pantangan Makanan Bagi Penderita Tukak Lambung"

Posting Komentar